Tuesday, January 30, 2018

Cara Terbaik Menulis Artikel Berkualitas

Cara Terbaik Menulis Artikel Blog Yang Berkualitas

Pada kali ini saya akan memberikan Cara terbaik untuk menulis artikel blog yang berkualitas, disuatu blog pasti sangat dibutuhkan artikel agar pengunjung dapat membacanya. Jika tidak ada artikel dari mana Asal-usul lalu lintas pengunjung kita dan bagaimana juga dengan trafik blog kita,yang pastinya blog kita tidak akan bisa berkembang. 

Walaupun dengan cara menyajikan banyak artikel tetapi jika tidak berkualitas itu hanya percuma saja, tidak bermanfaat dimata pengunjung ataupun Search engine. Artikel merupakan senjata utama atau bisa disebut King content yang sangat harus disajikan bagi pengunjung,ini juga sangat berpengaruh terhadap "SERP" Google atau posisi ranking blog di mesin pencari.

Rata-rata blog mereka yang menempati di halaman pertama Mesin Pencarian memiliki konten / artikel yang berkualitas, karena pihal google sangat menyukai blog yang menulis artikelnya secara berkualitas.

Mengapa Google menyukai itu ?
Benar sekali sebab google menganggap artikel yang kita tulis dapat bermanfaat bagi pengunjung yang membacanya, sehingga mereka merasa betah untuk terus menjelajahi blog kita. Namun begitu juga sebaliknya jika pengunjung merasa tidak nyaman dengan kata-kata artikel blog kamu yang kurang menarik "Tidak Berkualitas" maka mereka memilih keluar dari artikel sobat.Sehingga masalah ini sangat berpengaruh besar sekali terhadap Bounce rate blog.

Maka bisa disebut blog sobat akan kalah bersaing dengan Blogger lainnya atau bisa dikatakan blog yang dapat menduduki posisi terbawah di halaman search engine.

Seorang blogger mau tidak maunya harus berbakat dalam menulis jika tidak hal apa yang harus disajikan, penulisan artikel itu pun tidak sembarangan harus memiliki Ejaan yang tepat agar dapat dipahami dengan jelas oleh pengunjung, Jika artikel yang ditulis sudah dapat dirasakan berkualitas dengan pastinya pengunjung akan sukarela share artikel kamu.

Jangan pernah menganggap artikel yang berkualitas itu mengandung 500+ Kata-kata keatas, jika tidak ada jalan pengeluaran masalahnya. Membuang waktu saja jika kamu menulis artikel yang terlalu panjang namun tidak tahu jalan keluar atau solusi yang dibahas. Sudah bisa ditebak pengunjung akan memilih keluar untuk mencari artikel lainnya.

Dibawah ini merupakan Tips terbaik untuk membuat artikel blog yang cukup berkulitas, sering diterapkan oleh Blogger-blogger yang menduduki halaman pertama mesin pencari.

Tips terbaik menulis Artikel yang Berkualitas


1. Jangan pernah menyingkat kata
Dengan cara menyingkat kata sobat bisa cepat menulis artikel yang simple tetapi tidak tahu pengaruhnya.

Tepat sekali ketika artikel yang kita lihat dan ingin dipublikasikan kepada pengunjung baik itu lalu lintasnya berasal dari organik ataupun Media Sosial pasti hanya orang yang terbiasa saja yang bisa membacanya.

"Bagaimana dengan mereka yang tidak tahu apa-apa?"
Pasti akan kebingungan, tidak tau ejaan apa yang dimaksud, misalnya saja kamu menyingkat kata (dengan) menjadi kata (dgn).

Begitu juga sebaliknya apabila ada pengunjung dari luar negeri yang ingin menelusuri blog kita yang menggunakan kosa kata Bahasa Indonesia maka mereka akan menerjemahkannya menggunakan bahasa yang mereka pakai.Tetapi kalimat tersebut tidak bisa diterjemahkan karena, adanya Kata-kata yang terlalu singkat.

2. Meletakkan Gambar di Artikel
Tidak hanya kontet yang berkualitas saja ditulis melainkan gambar juga yang harus diterapkan,sebab pengunjung akan tahu artijel yang sobat bahas dapat menyatu dengan konten yang disajikan.Jangan banyak terpaku juga pada gambar usahakan minimal letakan 1-4 saja.

Menurut Ahli pakar SEO "Artikel yang berkualitas identik sekali dengan gambar". Yakni kalau menurut Logika gambar konten tersebut harus mengandung Alt Tag agar dapat diketahui dengan jelas judulnya pada mesin pencari gambar google.

3. Menempatkan Link Eksternal dan Internal pada Artikel
Apa itu Link eksternal ?
Link eksternal yaitu link luar maksudnya adalah link dari blog kita yang mengarah pada blog atau situs lain.Seumpama saja saya memberikan contoh "GTMetrix yang cocok untuk melihat kecepatan loading blog". Itu sudah termasuk link eksternal sebab sudah mengarah ke situs lain,minimal peletakan link eksternal cukup 3 saja.

Sedangkan dengan Link Internal itu bagaimana ?
Link internal atau bisa disebut link dalam yang merupakam link blog yang hanya mengarah ke artikel blog sobat lainnya. Saya ambil contoh misalnya saya menjelaskan "Cara membuat Layanan Contact us Responsive di Blog". Lagi pula link internal juga tidak hanya terpacu mengarah kepada artikel bisa juga mengarah ke Homepage blog.

Penempatan link Internal dan Eksternal yang tepat sangat berpengaruh besar terhadap artikel blog dan ranking blog di search engine seperti yang dikatakan oleh MOZ.

4. Perhatikan Judul Artikel
Judul artikel yang terlalu panjang akan sulit dihafal oleh pengunjung,mungkin sobat sudah berpikir jika membuat judul yang terlalu panjang akan cepat memikat mata pengunjung dan bisa disebut konten yang baik.Akan tetapi hal ini sangat tidak baik bagi search engine.

Mengapa ?
Coba saja perhatikan blog yang menulis judul yang terlalu panjang pasti di bagian akhirnya akan terpotong dengan jelas,sebab google akan membatasi penggunaan judul yang panjang.

Minimal dalam penulisan judul artikel memiliki 5-9 Kata-kata saja,tetapi Alangkah lebih baiknya gunakan judul dengan Kata-kata yang mudah dihafal dan dimengerti.

5. Fokus pada Topik yang dibahas
Tips ini sangat penting karena dalam menulis artikel yang berkualitas tidak boleh beralih ke penjelasan yang bukan topiknya,seperti contoh misalnya sobat membahas tentang "Cara membuat kartu undangan keluarga" maka tidak tidak boleh beralih ke "Acara sesi pernikahan" disarankan hanya fokus pada topik yang dibahas.

Mengapa tidak boleh seperti itu ?
Ya sudah jelas tidak boleh sebab tidak sesuai dengan kriteria yang dicari pengunjung,maka konten tersebut bisa dikatakan tidak berkualitas di mata pengunjung dan Search engine.

6. Menggunakan Bold dan Italic pada Artikel
Disetiap artikel perlu Bold dan Italic agar dapat dikenali mesin pencari bahwa artikel sudah dapat berguna bagi pembaca.

"Seperti apa Bold dan Italic pada artikel ?"
Bold merupakan kata yang bercetak tebal sedangkan Italic adalah Kata yang bercetak miring,keduanya memiliki peran penting dalam Optimasi SEO On Page.

Keyword Bold dan Italic terdapat penilaian skor menurut Google,jika bold memiliki 3 skor sedangkan italic memiliki 2 skor saja.Maka hal ini diwajibkan jika ingin mempunyai konten yang berkualitas.