Saturday, January 27, 2018

Perbandingan Blogger Vs Wordpress, Siapa yang Menang?


Perbandingan Blogger Vs Wordpress


Perbandingan Blogger Vs Wordpress, Siapa yang menang? - Blogging saat ini menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan setiap hari bagi sebagian orang, terlebih bagi orang-orang yang sering berinteraksi dengan internet. Motivasi orang-orang untuk ngeblog bermacam-macam, dari yang hanya ingin menjadikan blog sebagai buku harian pribadi untuk membagi informasi atau pengalaman hidup, sebagai media untuk berbagi berbagi ide dengan semua orang sampai sebagai media untung mencari tambahan uang, Yang terakhir ini tidak jarang para blogger menjadikan pemasukan dari blognya sebagai mata pencaharian utama.

Berbicara tentang blog pasti akan menyinggung platform blog apa yang akan di gunakan. Untuk saat ini ada beberapa platform blog yang dapat Kamu gunakan dengan gratis, namun di antara berbagai platform tersebut ada 2 yang paling terkenal yaitu blogspot dari google atau biasa di sebut dengan blogger dan wordpress. Kedua platform blog ini sekarang menduduki peringkat teratas platform blog terfavorit yang paling banyak di gunakan, selain berbagai macam kemudahan juga banyaknya template blog gratis yang tersedia.

Biasanya pilihan platform blog pertama yang di gunakan oleh seorang blogger akan menjadi platform favoritnya untuk waktu yang lama, kecuali orang tersebut menemukan kendala yang cukup berarti suatu hari. Pada awalnya penulis menggunakan blogspot untuk belajar blogging tetapi pada perkembangannya kebutuhan penulis tidak dapat di akomodasi oleh satu platform blog saja, sebenarnya apa sih keunggulan dan kelebihan dari blogspot dan wordpres? Dan siapakah yang terbaik? Untuk itulah masi kita bahas perbandingan blogger vs wordpress di bawah :

Dashboard
Blogspot : Saat ini blogspot telah mempunyai tampilan dashboard baru, penulis merasakan dasboard baru ini lebih mudah di gunakan dan lebih responsif karena telah menggunakan teknologi AJAX, tetapi untuk dapat menikmati dashboard baru ini javascrip pada browser harus dalam keadaan aktif
Wordpress : Tampilan dashboard yang di gunakan oleh wordpress belum mengalami banyak perubahan yang berarti hal ini sekalugus memudahkan user karena tidak perlu menyesuaikan diri dengan dashboard baru

Kustomisasi Tema
Blogspot : Untuk mempercantik tampilan blog banyak blogger yang mengganti tampilannya dengan desain sendiri maupun dari template yang tersedia di internet, bagi
kamu yang mempunyai kemampuan lebih dalam pemrograman website template blogger ini dapat di ubah sedemikian rupa hingga akar-akarnya.
Wordpress : Tampilan blog pada wordpress hanya dapat diubah apabila
kamu menggunakan wordpress self hosting yang kamu host di server kamu sendiri, apabila ana hanya menggunakan layanan gratis dari wordpress kamu hanya akan mendapatkan beberapa template standar yang dapat kamu gunakan.

Import artikel
Blogspot : Blogspot hanya dapat mengimport artikel dari blog lain yang sama-sama menggunakan blogspot.
Wordpress : Untuk urusan import artikel wordperss lebih baik,
kamu dapat memindahkan dan mengkopi artikel kamu dari Wordpress lain, typepad, yahoo 360, Tumblr maupun blogger.

Penyimpanan Gambar
Blogspot : Penyimpanan gambar yang disediakan oleh blogspot dalam satu akun adalah sebesar 1GB, blogger juga tidak punya dashboard khusus untuk melihat file apa saja yang sudah
kamu upload sebelumnya, jai mungkin kamu akan sedikit kesulitan untuk mencari gambar atau foto lama kamu.
Wordpress : Untuk urusan penyimpanan gambar Wordpress menyediakan ruang sampai 3GB, dan pada dashboard wordpress juga telah menyediakan tampilan untuk pencarian gabar-gambar lama
kamu yang telah kamu upload.

Post By Email
Blogspot dan Wordpress telah sama-sama dapat menerima posting yang dikirimkan melalui email untuk langsung dipajang di blog, fitur ini memudahkan
kamu apabila blog yang kamu miliki mempunyai penulis lepas selain kamu.

Iklan
Blogspot : Untuk urusan iklan-mengiklan sebagai tambahan pencarian
kamu blogger lebih mudah digunakan karena faktor blogger yang merupakan anak perusahaan google jadi kamu dapat dengan mudah memasang iklan dari adsense di blog kamu, dimana kamu akan dibayar setiap ada orang yang mengklik iklan yang terdapat di blog kamu, hal ini mungkin dapat kamu jadikan sebagai usaha sampingan kamu.

 Wordpress : Kebijakan dari wordpress untuk melarang pemasangan iklan dalam setiap akun yang di buat mungkin akan sedikit menyulitkan kamu dalam hal ini. Untuk dapat memasang iklan di blog kamu sendiri danda dapat menggunakan wordpress self hosting.

Kesimpulan:
Demikian beberapa penjelasan perbandingan blog antara wordpress dengan blogspot yang wajib
kamu ketahui sebelum membuat blog. Apabila di lihat lebih jauh ada kelebihan dan kekurangan tersendiri dari masing-masing platform blog, oleh karena itu mungkin kita tidak bisa mengatakan siapa yang terbaik, tetapi lebih tepat apabila kita memilih sesuai dengan keperluan, apabila kamu ingin blog yang dapat diganti templatenya dengan mudah dan mencari penghasilan tambahan melalui iklan kamu dapat menggunakan blogspot.

Untuk
kamu yang menginginkan kemudahan dalam penggunaan mungkin kamu dapat menggunakan wordpres. Khusus untuk kamu yang memiliki kemampuan lebih dalam hal pemrograman website mugnkin Wordpress yang kamu hosting sendiri dapat menjadi pilihan alternatif karena meiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kedua platform blog di atas.

Untuk selanjutnya jangan ragu untuk mencoba, dan langsung praktek, karena dengan praktek
kamu akan merasakan sendiri kelebihan dan kekurangan kedia platform blog di atas dan dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.